Cara Memilih Jenis Pedal Sepeda yang Tepat: Platform Vs Klip Vs Tanpa Klip

Memilih pedal sepeda yang ideal untuk Anda:

Ada tiga tipe dasar pedal sepeda. Ada platform, klip, dan clipless. Setiap jenis memiliki serangkaian kelebihan dan kekurangan yang unik. Memilih pedal yang tepat untuk Anda dapat memiliki pengaruh besar pada bagaimana Anda naik dan bagaimana pertunjukan sepeda. Penting untuk mempelajari pro dan kontra dari setiap jenis sebelum membeli sepeda gunung, atau ketika Anda mencari pedal sepeda baru. Pedal adalah koneksi utama antara Anda dan sepeda Anda!

Platform atau pedal sepeda gaya datar (alias "Rumah Susun"):

Ini adalah bentuk pedal tradisional yang kebanyakan orang kenal. Pedal platform mudah digunakan dan ideal bagi mereka yang lebih suka mengendarai sepatu bersol lembut. Mereka mungkin yang paling universal dari jenis pedal sepeda karena siapa pun dapat menggunakannya dengan hampir semua gaya sepatu. Mereka tidak menawarkan keterikatan langsung antara kaki dan sepeda, namun mereka dirancang untuk memberikan cengkeraman yang baik dan datang dalam konfigurasi tanpa batas dan tingkat grip. Pedal platform menawarkan pengangkatan kaki secara instan dari pedal untuk alasan apa pun, pada saat pemberitahuan dan tanpa rintangan.

Platform Pedal Pro & Kontra:

Kelebihan:

  • Mudah digunakan
  • Tidak perlu alas kaki khusus
  • Tidak ada yang menahan Anda ke sepeda
  • Permukaan besar memberikan kontak yang lebih baik untuk kaki Anda

Cons:

  • Kurangnya transfer daya ke pedal pada saat upstroke
  • Pedal gigi bisa terasa sakit jika kaki Anda terlepas
  • Hilangnya efisiensi mengayuh

Kandang atau gaya jari kaki klip pedal:

Pedal sepeda gunung jenis ini mungkin adalah gaya paling populer kedua. Dengan jenis pedal ini Anda menyelipkan kaki ke dalam kandang yang menempel pada pedal dan sangkar memiliki tali yang mengatur bagian atas kaki Anda. Klip kaki atau kandang menawarkan keunggulan dibandingkan pedal platform standar karena memungkinkan pengendara sepeda untuk naik dan menekan pedal. Mereka juga membantu untuk mengamankan kaki ke pedal untuk mengurangi kaki tergelincir dari pedal dan berpotensi menggores tulang kering Anda pada genggaman. Mereka juga menawarkan kemampuan untuk dengan mudah mengeluarkan kaki Anda jika diperlukan dan populer untuk orang-orang yang bersepeda di lalu lintas dan perlu sering berhenti.

Cage atau Toe Clip Pedal Pro & Kontra:

Kelebihan:

  • Mudah dipelajari cara menggunakannya
  • Pengendara sepeda dapat menggunakan tenaga untuk mendorong dan menarik pedal
  • Tidak diperlukan alas kaki khusus

Cons:

  • Beberapa kehilangan daya, gaya jepit jari kaki tidak dapat menangkap semua energi dari siklus pedal sebagai pedal clippess bisa
  • Sedikit lebih sulit untuk masuk dan keluar dari platform pedal

Pedal sepeda tanpa klip:

Pedal sepeda clipless biasanya merupakan pilihan paling populer untuk pengendara sepeda gunung. Mereka bekerja dengan langsung menempelkan kaki ke pedal. Sepatu khusus dipakai yang memiliki cleat dipasang ke sol dan "dijepit" ke penerima pada pedal. Ini memberikan transfer daya yang paling efisien dari pengendara sepeda ke pedal dan tidak ada kehilangan energi. Kaki tetap melekat pada pedal melalui seluruh stroke yang menghasilkan kemampuan untuk menarik ke atas dan menekan pedal. Melepaskan kaki Anda hanya membutuhkan perputaran cepat ke samping dan lilitan pedal memungkinkan Anda untuk menurunkan kaki atau turun dari sepeda. Banyak orang memilih clipless vs clip pedals karena mereka menahan kaki ke pedal bahkan di medan yang kasar dan mereka juga membuatnya lebih mudah untuk melewati rintangan.

Clipless Pedal Pros & Cons:

Kelebihan:

  • Efisiensi maksimum dengan transfer daya langsung ke pedal
  • Amankan keterikatan pada sepeda sehingga Anda dapat berkonsentrasi dan menikmati bersepeda
  • Tidak perlu khawatir kaki Anda terlepas dan menyebabkan cedera
  • Lebih mudah melewati rintangan

Cons:

  • Sepatu khusus diperlukan
  • Anda perlu belajar cara mengklik masuk dan keluar pedal
  • Bisa jadi sulit untuk melepaskan kaki dari pedal dalam keadaan darurat dan tabrakan bisa terjadi

Jadi yang mana yang saya pilih?

Anda perlu mencari tahu gaya menunggang mana yang akan Anda lakukan. Apakah Anda akan melakukan bersepeda gunung yang mudah di sepanjang jalur non-teknis, melakukan perjalanan menurun yang ekstrim atau bersepeda melalui jalur yang sulit dan teknis? Setelah Anda memutuskan apa jenis menunggang Anda akan melakukan Anda dapat meninjau tiga gaya utama pedal dan pilih salah satu yang Anda rasa terbaik untuk Anda. Pedal platform dasar memang datang dalam berbagai genggaman tetapi secara umum paling cocok untuk santai mudah berkuda. Ketika memilih clip vs clipless pedals pilihan bisa turun ke preferensi pribadi saja. Clipless pedals setelah Anda merasa nyaman dengan mereka biasanya adalah pilihan terbaik karena mereka mentransfer daya langsung ke sepeda yang membuat gerakan kaki Anda lebih efisien. Anda juga dapat mengganti pedal sepeda jika Anda memutuskan bahwa jenis yang berbeda mungkin bekerja lebih baik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *